Tips Panduan Memilih & Membeli HP Android Berkualitas

Saat ingin beli handphone android baru atau sisa (second), kita tentu dibingungkan dengan opsi beragam jenis type, merek, detail dan tipe ponsel yang hebat dimulai dari harga yang murah sampai harga yang mahal. Tetapi, pribahasa “Ada Uang Ada Kualitas” di sini tentu berlaku.

Bila kita beli handphone yang harga tinggi seperti handphone flagship, kemungkinan kita akan memperoleh kepuasan tertentu karena kehebatan feature dan kualitas yang dijajakan tentu yang terbaik. Tetapi, ada saatnya tidak seluruhnya handphone mahal itu bagus dan pas untuk sang konsumen dan pemakainya. Sebaik apa saja kehebatan sebuah handphone bisa menjadi berlebihan dan tidak bermanfaat bila tidak sesuai dengan keperluan.

Misalnya saat anda beli Samsung Galaxy Catatan Seri, bila anda pembisnis atau orang kantoran yang memerlukan sejumlah fitur catatan kemungkinan ini benar-benar bermanfaat dan mendukung tugas, tetapi bila anda cuma seorang pemakai biasa yang cuma memerlukan program media sosial apa ini bermanfaat? pasti berlebihan kan?.

Banyak ponsel android yang mempunyai detail bagus dan berkualitas tetapi murah dan meriah seperti handphone dengan merek xiaomi, lenovo, asus, evercross, smartfren andromax, advan, acer, oppo, axioo, vivo, polytron, vivo, huawei, oneplus, nokia, himax, dan beragam jenis merk lainnya. Jadi tidak aneh jika banyak orang yang ketidaktahuan saat menentukan android yang pas karena sangat jumlahnya macam opsi. Nach, Maka dari itu, di sini mimin akan memberi Panduan tutorial langkah Pilih dan Beli HP Android versus www.septian.situs.id. Oke langsung saja…

 

Berikut panduan pilih processor android :

1. Processor atau CPU (Central Processing Unit)
Yang paling penting dan yang perlu jadi perhatian saat menentukan handphone android yakni processor yang dipakai. SoC (Sistem on Chip) sebagai otak pokok dari sebuah mekanisme handphone android. Bila detail cpu yang digukan rendah karena itu tidak boleh bingung bila handphone android berasa lelet dan kerap lag meskipun masih baru dan sedikit memasang program.Tentukan processor dengan merek terkenal seperti Qualcomm Snapdragon, Exynos, Nvidia Tegra bila anda mempunyai bujet yang tinggi. Bila kebalikannya, anda bisa pilih processor dengan merek mediatek (MTK) atau Intel.
Pilih seri paling tinggi dari chipset yang anda tentukan, misalnya, bila di qualcomm snapdragon untuk kelas low piranti umumnya memakai seri 200 dan 400, untuk kelas mid (menengah) umumnya memakai seri 600 dan untuk kelas flagship atau paling tinggi umumnya menggunakan seri 800. Saat artikel ini dicatat, qualcomm snapdragon paling tinggi yakni snapdragon 821 dan isu terkini akan keluar seri snapdragon 835.
Tentukan chipset dengan clockspeed tinggi minimum 1 GHz, semakin tinggi lebih bagus.
Pilih arsitektur paling kekinian dan baru sekarang ini seperti ARMv8, Cortex A53, Cortex A57 dan sebagainya.
Pilih pabrikan yang paling kecil dan paling canggih. Contoh satuanya seperti 90nm, 65nm, 45nm, 40nm, dan 28nm, 14nm, 10nm.
Pilih processor dengan cache yang besar dan cepat.
Dan yang paling penting, pilih processor dengan pokok core yang banyak minimum 2 core (dualcore). Semakin banyak lebih baik seperti 4 core (quadcore), 6 core (hexacore), 8 core (octacore), 10 core (decacore).

2. RAM (Acak Akses Memori)
Bila processor atau chipset bekerja sebagai otak, karena itu ram sebagai daya ingatya. Ram bermanfaat saat kita jalankan beragam program secara bertepatan. Makin bertambah program yang kita lakukan karena itu makin besar memori yang diperlukan. Dengan Ram besar, kita bisa beralih-pindah antara program secara lancar. Tetapi, bila keliru dalam penyeleksian ram, android yang kita pakai akan berasa lamban dan program yang kita lakukan akan kerap stuck dan force close.

Berikut panduan pilih RAM Android yang benar dan baik :
Pilih kemampuan RAM minimum 1 GB, semakin besar pasti lebih bagus.
Penting! Pilih tipe ram terkini seperti LPDDR2, LPDDR3, LPDDR4 (Semakin tinggi seri bisa lebih cepat).
Dan pilih RAM dengan frequensi tinggi (satuanya MHz).

3. GPU (Graphics Processing Unit)

Sama sesuai namanya, fungsu GPU sebagai pemroses grafis. Dengan pilih GPU yang bagus karena itu perform 2D dan 3D android akan cepat dan lancar. Misalnya saat kita melihat video dan games, tidak ada lag atau stuttering yang mengusik bila GPU nya oke. Selainnya lancar, memakai GPU oke dapat menganakemaskan mata kita karena penampilan grafis yang memikat, detil dan jernih.

Berikut panduan pilih GPU android mempunyai perform tinggi :

Sama dengan penyeleksian processor, pilih GPU dengan type oke sama sesuai bujet seperti Adreno (Snapdragon), Mali (Exynos, MTK), Nvidia Tegra, VideoCore Broadcome, PowerVR dan lainnya.
Pilih seri paling tinggi dari type di atas, Misalnya Adreno 540, Mali-T720 MP4, Tegra K1, PowerVR G6430 apabila bujet tinggi, tentukan yang terkini dan paling cepat.
Pilih GPU dengan Clockspeed tinggi minimum 500 MHz
Pilih GPU dalam jumlah core yang banyak seperti processor. Bila di Mali, Core bisa disimpulkan oleh huruf paling akhir sesudah type, misalnya MP4 memiliki arti corenya ada 4.

4. Monitor atau Display

Monitor sebagai bagian utama seterusnya yang perlu diperhitungkan. Mengapa demikian? Karena monitor sebagai alat output khusus yang berperan tampilkan info yang sudah diolah oleh ke-3 elemen di atas. Dengan tinggi apa saja detail, bila monitornya buruk sia-sia karena kita tidak nikmati keelokan yang dibuat oleh pengurus grafis seperti menyaksikan photo, video, 3D game dan lain-lain.

Berikut panduan pilih monitor di handphone android :

Pilih tehnologi monitor terbaik seperti Super Amoled, IPS, atau TFT. Sebagai rekomendasi, anda bisa membaca artikel 7 Posisi Tipe dan Type Monitor Handphone (HP) Terbaik.
Mencari monitor dengan kerapatan piksel yang tinggi, umumnya dalam unit ppi (piksel per inchi). Admin referensikan untuk pilih monitor dengan ppi di atas 300 supaya kerapatan piksel mulus dan nikmat dilihat.
Dan yang paling penting selainnya tehnologi monitor yakni resolusi monitor. Pilih resolusi yang tinggi. Admin mereferensikan untuk pilih monitor dengan resolusi 1280×720 HD keatas. Lebih bagus bila pilih resolusi 2K atau 4K tentu saja samakan dengan bujet dan keperluan.
Dan juga sangat penting, janganlah lupa tentukan handphone android dengan monitor yang diperlengkapi perlindungan anti gores seperti Gorilla Glass, Dragontail, dan lain-lain supaya monitor anda aman dari beberapa goresan yang tidak diinginkan.

5. Intern ROM Penyimpanan

Untuk penuhi keperluan multimedia, intern penting karenanya intern penyimpanan yang luas kita bisa bebas simpan beragam file seperti video, musik, arsip, document dan lain-lain. Disamping itu , bila intern kita luas karena itu kita bisa bebas memasang banyak program dan games yang memiliki ukuran besar.

Panduan pilih Penyimpanan Penyimpanan Android :

Pilih android dengan intern minimum 16 GB, admin mereferensikan 32 GB ataupun lebih karena sekarang ini android memerlukan banyak ruangan kosong untuk simpan beragam file program dan games.
Janganlah lupa check tersedianya slots micro-sd tambahan. Karena ada sdcard eksternal karena itu kita tak perlu cemas mengenai permasalahan penyimpanan bila nanti intern penyimpanan penuh.

6. Mekanisme Operasi

Factor lainnya yang juga sangat penting yakni penyeleksian mekanisme operasi (Operating Sistem). Tanpa OS, Handphone tidak segera dapat jalan dan berperan. Sebagai informasi, Android sebagai OS yang terbanyak dipakai sekarang ini. Jadi tidak bingung bila Android banyak memiliki versus dan variasi. Versus Android diambil dari versus 1.x, 2.x, 3.x dan sebagainya. Makin tinggi versus karena itu makin baru dan makin kaya feature. Dan untuk namanya sendiri, Android diambil dari nama makanan penutup yang huruf awalannya berurut, misalnya seperti Alpha, Beta, 1.5 Cupcake, versus 1.6 Donut, 2.x Eclair, 2.2 Froyo, 2.3 Gingerbread, 3.x Honeycomb, 4.x Ice Krim Sandwich, 4.2 Jellybean, 4.4 KitKat, 5.0 Lolipop, 6.0 Marshmallow dan yang terkini 7.0 Nougat. Dan isunya android O akan namanya Oreo. Perubahan Android yang cepat punya pengaruh ke feature yang lebih baru dan pembaruan yang bagus. Oleh karena itu, berikut admin kumpulkan,

Langkah pilih mekanisme operasi android yang bagus :

Pilih Android dengan OS versus terkini supaya support program lebih luas dan banyak. Admin referensikan Android M 6.0 Keatas.
Pilih Supplier atau Merek Handphone yang terang dalam memberi up-date mekanisme operasi. Terkadang supplier malas memberi up-date yang tentu saja bikin rugi customerya.
Tentukan handphone dengan mekanisme Android yang konstan, misalnya Android Costumisasi oleh supplier seperti Touchwiz (Samsung), MIUI (Xiaomi), ColorOS (Oppo) dan ada banyak kembali. Android masing-masing supplier kemungkinan berlainan secara penampilan dan feature, tapi mekanismenya masih sama. Tidak boleh tentukan Handphone dengan detail tinggi tetapi maksimalisasi OS nya jelek. Hal tersebut bisa punya pengaruh ke Pemakai Pengalaman dan Perform yang jelek.
Pilih Android yang diperlengkapi feature yang mendukung keperluanmu Misalnya seperti Ganda tap to wake, Always on display, Bluelight filter, dan lain-lain.

7. Camera

Nach, feature ini sebagai salah satunya yang paling harus. Karena ada camera kita bisa mendokumentasikan event setiap waktu lewat photo atau video. Dalam soal penyeleksian camera pasti ada panduan dan tutorialya supaya hasil bidikan yang didapat bagus dan optimal sama sesuai keinginan kita. Tetapi tentu saja kita harus tahu dahulu keperluan kita, apa kita ingin handphone camera untuk photo landscape, selfie, photografi atau yang pas pada malam hari? Sesudah tahu keperluanmu karena itu anda bisa pilih detail yang tepat.

Berikut Panduan Tutorial pilih camera fotografi sama sesuai keperluan :

Tentukan Handphone dengan Sensor Camera oke. Ini sebagai yang paling penting, karena sensor sebagai sisi yang paling penting dalam ambil gambar. Pasti kita mengetahui kedahsyatan camera Isight bikinan apple yang meskipun megapixel nya kecil tetapi kwalitasnya wah. Untuk Android kelas High End umumnya memakai sensor sony yang paling memikat dalam ambil gambar. Hasil yang didapatkan pasti memberikan kepuasan. Saksikan detail lensanya, sebagai contoh seperti 1/2.5″ sensor size, 1.4 …µm piksel size dan Contoh sensor camera yakni Seperti Sony IMX 2XX, 3XX dan lain-lain.
Seterusnya yakni Aperature yang sebuah bukaan lensa. Makin lebar bukaan lensa karena itu hasil photo saat kurang sinar semakin lebih jelas dan baik. Misalnya seperti Samsung Galaxy S7 yang disebut salah satunya handphone dengan camera terbaik pilih aperatur / bukaan lensa f/1.7. Makin kecil makin lebar, f/1.7 pasti lebih bagus dari f/1.9 punya Galaxy J5 punyai saya.
Stabilization sebagai poin utama lainnya, karena ada stabilization kita bisa ambil gambar kurang blur meskipun dengan tangan goyang . Maka ini penting supaya gambar kelihatan tajam dan mulus. Pilih camera yang mempunyai feature OIS atau EIS.
Megapixel, pasti tidak asing ditelinga kita kan? Dengan megapixel besar kita bisa cetak photo yang besar juga. Disamping itu, dengan megapixel yang besar kita bisa hasilkan gambar yang tajam dan tidak blur saat di zoom. Tetapi tidak boleh berpatok ke ukuran megapixel yang besar. Contoh kasus mengapa S7 yang 12 MP lebih bagus dari S6 yang 16 MP? Pasti itu karena S7 diperlengkapi tehnologi dual piksel dan sensor yang lebih bagus.
Dan yang paling akhir yakni pilih camera dengan feature sama sesuai keperluan, misalnya bila anda wanita sukai selfie pilih handphone dengan camera depan bagus yang diperlengkapi dengan beauty model dan flash.
Apabila anda Pro, pilih handphone dengan penataan seperti DSLR, misalnya seperti penataan ISO, Shutter Speed, Bukaan Lensa, WB, Exposure, Metering, Konsentrasi Manual bahkan juga support RAW.
Dan yang paling akhir, lihat support alat rekaman video, Seharusnya tentukan handphone dengan support video record minimum 1080p atau Full HD. Lebih bagus bila memberikan dukungan resolusi semakin tinggi seperti 4K dengan framerate yang tinggi seperti 60 fps. Lihat feature video nya, pasti nilai plus bila mempunyai feature slow motion, time lapse dan lain-lain.

8. Battery

Battery sebagai hardware yang terpenting selanjutnya, Dalam penyeleksian battery pasti berpengaruh pada ukuran handphone. Umumnya bila Android memiliki battery besar karena itu ukuranya fisiknya juga besar. Tetapi tidak selamanya jadi dasar toh banyak pula Android yang mempunyai battery besar tetapi design nya masih tetap slim dan ramping. Pasti penyeleksian battery juga harus sama sesuai keperluan.

Berikut Panduan pilih battery handphone Android :

Pilih battery memiliki besar, minimum 2500 mAh. Bila anda seorang gamers atau golongan sosialita berat pasti itu tidak cukup buat mendukung aktivitas sepanjang hari. Lebih bagus kembali bila pilih battery dengan kemampuan di atas 3000 mAh bahkan juga lebih bagus kembali bila di atas 4000 mAh.
Pilih battery dengan tehnologi Lipo karena lebih tahan lama dalam soal kemampuan karena lebih tahan kembung dan turun.
Pilih tipe battery sama sesuai keperluan, apa anda lebih sukai battery removeable (dapat dicabut) atau non removeable (battery tanam). Pasti ke-2 nya mempunyai keunggulan dan kekuranganya masing-masing. Bila removeable gampang dalam pergantian apabila non removeable pasti lebih bagus dari segi desain bahkan juga dapat tahan terhadap air bila mempunyai setifikasi minimum IP78.

Dan yang paling penting, pilih Android dengan feature fast pengisian supaya charging battery cepat dan sedikit menghabiskan waktu. Contoh feature fast pengisian yakni seperti Qualcomm Quick Charge 4.0.
Dan sebagai tambahan, pilih Android dengan feature kece seperti wireless pengisian. Pasti kece dan bermanfaat bukan bila kita bisa isi battery tanpa kabel, tinggal meletakkannya di pad khusus seperti umumnya Handphone kelas premium sekarang ini.

9. Tehnologi Jaringan

Untuk tehnologi jaringan pasti berlainan setiap negara, nach tersebut yang mengakibatkan kenapa handphone luar negeri umumnya tidak dapat tangkap signal di negara kita indonesia. Hal tersebut bisa disebabkan karena ketidaksamaan tehnologi, frequensi atau handphone nya di lock oleh operator di negara aslinya . Maka dalam penyeleksian tehnologi jaringan handphone juga harus cermat.

Berikut panduan pilih Jaringan Handphone Android :

Tentukan Android yang dukungan LTE atau 4G karena sekarang ini sebuah kewajiban supaya akses internet tidak lelet. Lebih bagus kembali bila dukungan VoLTE agar lakukan panggilan lewat LTE.
Berhati-hati dalam penyeleksian handphone 4G karena 4G tuch banyak macamnya, ada TDD, FDD, 4G+ dan lain-lain. Nach disini harus cermat, banyak kasus handphone 4g dan kartu juga 4G tetapi tidak bisa tangkap signal 4G. pemicunya bukan lain karena signal di 4G tempat anda tidak ada atau ada tetapi frequensi nya tidak bisa diamankan oleh handphone yang anda pakai.
Seterusnya tentukan 4G yang tercepat karena LTE itu banyak kelompoknya , misalnya Cat 4 yang dapat menembus 150 mbps dan cat 6 yang dapat menembus 300 mbps. Makin tinggi dan baru tehnologinya karena itu makin cepat.
Tidak boleh tertipu dengan handphone luar yang murah karena umumnya tidak optimal bila dipakai di indonesia. Terkecuali anda memahami berkenaan frequensi yang dipakaiya supaya bisa optimal dan tidak roaming saat dipakai tempat anda tinggal.

10. Sensor dan Design

Dan yang paling paling akhir yakni dari segi desain dan sensor. Desain sebagai jati diri dari sebuah handphone android. Saat menyaksikan sebuah handphone tentu yang pertama kalinya kelihatan yakni desain kan? Desain bisa tingkatkan optimis pemakainya. Misalnya desain Samsung S7 Edge yang menawan dan premium, pasti ini bisa membuat siapa saja yang menyaksikannya ingin memiliki. Nach jadi desain perlu dan pantas untuk jadi perhatian. Umumnya desain sepaket dengan sensor, misalnya seperti sensor heart rate dan fingerprint. Tetapi ada pula sensor yang tidak seperti terlihat gyroscope, magnetic, kompas, dan lain-lain.

Berikut Panduan pilih Handphone Android disaksikan dari segi Design dan Sensor :

Pilih Android dengan Desain yang menurut anda bagus, kece dan menawan. Penulis referensikan untuk pilih Android dengan bodi yang dibuat dari metal, aluminium atau logam lainnya supaya berkesan premium dan menawan. Lebih bagus kembali bila diperlengkapi dengan bebatan kaca yang telah diperlengkapi perlindungan anti gores seperti Gorilla Glass supaya bodi handphone tahan pada baret yang karena guratan tidak menyengaja.
Lebih bagus kembali bila pilih handphone dengan sertifikasi IP78 supaya tahan terhadap air dan debu dalam ukuran tertentu. Ini benar-benar bermanfaat untuk anda yang menyukai bekerja di luar seperti berenang, naik gunung atau beberapaya.
Tidak boleh tentukan handphone berbahan material yang gampang tergesek khususnya di bagian bazel. Bazel yang rawan tergesek umumnya dibuat dari plastik.
Tentukan Android dengan Sensor komplet seperti sensor sidik jemari, Accelerometer, Proximity, Gyroscope, Compass, Magnetic field (Magnetometer), Acuan, Ambient Light, Heart Rate dan Sensor Tambahan Lainnya.
Bedakan beberapa desain handphone lebih dulu dengan type yang serupa. Bila dapat, anda bisa pinjam pada orang lain supaya tidak tertipu saat beli karena saat ini banyak Handphone android tiruan palsu yang serupa dengan aslinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *